Simbol Activity Diagram

Di setiap diagram dalam membuat sebuah project perangkat lunak (software), pasti memiliki notasi atau simbolnya tersendiri.

Software (perangkat lunak) yang dibuat, membutuhkan analisis dan pertimbangan yang benar-benar matang.

Selain software tersebut digunakan untuk memecahkan masalah, alur dari mulai hingga selesai-nya juga perlu diperhatikan.

Sehingga, apabila alurnya jelas, nanti juga bisa mempermudah pengembang (developer), pengguna (user), dan yang lain yang bersangkutan terhadap project tersebut.

Jadi, mempermudah pengembang untuk memperbaiki jika ada bug atau masalah, di sisi lain juga mempermudah pengguna dalam mengoperasikannya.

Maka dari itu, mari kita mengenal notasi atau simbol activity diagram dan arti atau penjelasannya.

BabNoDaftar Isi
1Pengertian Activity Diagram
2Simbol Activity Diagram
1.Arti Simbol Activity Diagram
2.Contoh Activity Diagram

Simbol Activity Diagram

Simbol Activity Diagram
Simbol Activity Diagram

Arti Simbol Activity Diagram

  • Initial state (titik mulai). Initial state berbentuk lingkaran berwarna hitam, berukuran kecil, yang digunakan sebagai penanda tindakan awal atau titik awal kegiatan untuk setiap diagram aktivitas.
  • Activity (aktivitas). Activity merupakan aktivitas yang dilakukan atau yang sedang terjadi di dalam activity diagram.
  • Action flow / connector (arah). Action flow digunakan sebagai transisi atau penghubung dari tindakan yang satu ke tindakan yang lain, sebagai penunjuk aktivitas yang selanjutnya, setelah terjadi aktivitas sebelumnya.
  • Decision (keputusan). Decision merupakan suatu titik (point) di dalam activity diagram aktivitas, jika lebih dari 1, dengan mengindikasikan adanya kemungkinan perbedaan transisi, (misal : jika ya, maka …, dan jika tidak, maka …).
  • Synchronization. Synchronization sendiri dibagi menjadi 2, yakni :
    • Fork (percabangan) yang digunakan untuk memecah behaviour menjadi activity atau action paralel.
    • Join (penggabungan) yang digunakan untuk menggabungkan atau mempersatukan kembali activity atau action yang paralel tersebut.
  • Merge event (menggabungkan). Merge eventdigunakan untuk menggabungkan flow, yang tadinya dipecah oleh decision atau keputusan.
  • Swimlanes. Swimlanes dipergunakan untuk memecah activity diagram menjadi beberapa baris atau kolom, yang fungsinya untuk membagi tanggung jawab atau tugas antar objek yang sedang melakukan aktivitas.
  • Final state (titik akhir). Final stateberbentuk lingkaran berwarna hitam dengan dikelilingi oleh warna putih dan ditutup warna hitam lagi, merupakan penanda bagian akhir dari aktivitas.

Contoh Activity Diagram

Mengeksekusi Program Pengolah Kata (Microsoft Word)

Contoh activity diagram di bawah ini menjelaskan alur kerja untuk melakukan pemrosesan terhadap software pengolah kata, dimulai dari membuka Word, hingga selesai.

Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Buka software Microsoft Word
  2. Buat sebuah file
  3. Tulis atau ketik dokumen
  4. Jika membutuhkan gambar atau grafik yang bagus, maka buka software edit foto dan lampirkan gambar tersebut ke dalam dokumen
  5. Simpan file
  6. Cetak atau print dokumen
  7. Keluar dari Microsoft Word
Contoh activity diagram
Contoh activity diagram (membuat sebuah file di Word)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *