Pengertian Komunikasi Daring

Memang benar, pada hakikatnya, manusia merupakan makhluk sosial.

Manusia tidak bisa terlepas dari bantuan dari orang lain atau orang yang ada di sekitarnya.

Selain itu, manusia juga pasti tidak bisa lepas dari yang namanya komunikasi, baik itu komunikasi secara langsung, maupun komunikasi secara tidak langsung.

Dalam berkomunikasi satu sama lain, pasti manusia bisa memperoleh banyak informasi. Informasi inilah yang bisa diamati, diolah, atau bahkan disampaikan ulang ke individu yang lain.

Terlepas dari itu semua, komunikasi tidak hanya terjadi secara tatap muka, melainkan juga ada komunikasi daring (komunikasi dalam jaringan).

Komunikasi daring ini memungkinkan seseorang mendapatkan informasi dari berbagai belahan penjuru Nusantara, bahkan tanpa dunia, seperti tanpa ada batasan yang menghalangi.

Mengenai hal tersebut, sebenarnya apa itu pengertian komunikasi daring (komunikasi dalam jaringan)?

Pengertian Komunikasi Daring

Komunikasi daring
Komunikasi daring, via livechatinc.com

Komunikasi daring (komunikasi dalam jaringan) adalah membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui atau menggunakan jaringan komputer. (Warschauer, M. 2001 pp. 207-212)

Atau, dengan kata lain, komunikasi daring merupakan salah satu cara berkomunikasi yang dalam penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet.

Komunikasi yang terjadi di dunia internet ini sebenarnya hal yang lazim atau biasa terjadi, biasa juga disebut dengan komunikasi di dunia maya (cyberspace).

Komunikasi Daring di Bidang Pendidikan

Komunikasi daring di bidang pendidikan
Komunikasi daring di bidang pendidikan, via around.uoregon.edu

Tampaknya, komunikasi daring menjadi mungkin terwujud di dalam dunia pendidikan, di mana semua itu terjadi pertama kali di tahun 1980-an.

Tepat, setelah pengembangan dan penyebaran dari komputer pribadi atau yang akrab dikenal dengan nama PC (personal computer).

Latar belakang dari adanya komunikasi daring di dalam bidang edukasi atau pendidikan, sebenarnya dibagi ke dalam 2 periode yang berbeda :

  1. Pengenalan komputer sebagai media pendidikan di tahun 1980-an, dan
  2. Munculnya world wide web (WWW) di pertengahan tahun 1990-an

Penerapan komunikasi daring di dalam pembelajaran itu sendiri dibagi menjadi 2 macam :

  • Pendidik yang mulai menggunakan e-mail (electronic mail) untuk mengatur pertukaran informasi jarak jauh, dan
  • Pendidik yang mulai menggunakan program perangkat lunak sinkron, memungkinkan terjadinya komunikasi atau percakapan komputer antar-kelas

Tak Terikat Waktu dan Tempat

Komunikasi daring secara mobile
Komunikasi daring secara mobile, via bustle.com

Komunikasi daring yang terjadi di abad ini, di mana komunikasi jauh lebih modern, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Salah satu bentuk yang paling familiar dari komunikasi ini ialah terhadap penggunaan internet.

Internet dinilai menjadi salah satu media komunikasi yang begitu efektif dan efisien, dengan tersedianya berbagai macam layanan fasilitas bagi pengguna, seperti :

  • E-mail (Google Mail, Microsoft Mail, Yahoo Mail, dan lain sebagainya)
  • Chatting (Facebook Messenger, Line, WhatsApp, Yahoo Messenger, dan lain sebagainya)
  • Forum (Dictio, KasKus, dan lain sebagainya)
  • Social media (Facebook, Instagram, Pinterest, Twitter, dan lain sebagainya)
  • Website

Masing-masing layanan komunikasi di atas menawarkan banyak fasilitas di dalam dunia internet guna melakukan komunikasi.

Lebih Nyaman Digunakan

Pengguna lebih senang
Pengguna lebih senang dan merasa nyaman, via blog.contako.com.br

Bukan hal yang mengejutkan lagi apabila orang-orang di generasi sekarang, generasi milenial, lebih gemar melakukan komunikasi daring ketimbang komunikasi secara tradisional.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang komunikasi daring menawarkan aspek yang sangat menyatu dengan masyarakat sekarang, yakni aspek efisien dan efektif.

Bahkan, komunikasi daring juga bisa mengubah perilaku seseorang yang pada awalnya menulis di selembar kertas, sekarang lebih gemar menulis di internet.

Karena memang, internet menawarkan dokumentasi yang masih bisa dibuka di lain hari dan bisa diakses oleh semua orang.

Bahkan, komunikasi daring juga memungkinkan melakukan editing (pengubahan), apabila dirasa apa yang diekspresikan kurang tepat dengan apa yang dipikirkan, tanpa harus mengoret-oret kata atau kalimat yang salah.

Memicu Terjadinya Interaksi Sosial

Interaksi sosial
Terjadinya interaksi sosial, via partnersinexcellenceblog.com

Dalam sebuah jurnal education information technology yang dipublikasikan di University of Salford, mengungkap jika komunikasi daring mampu memicu terjadinya interaksi sosial.

Interaksi sosial tersebut, meliputi :

  • Memberikan rasa kebersamaan
  • Saling memberikan bantuan

Bahkan, hal tersebut dibuktikan saat siswa bekerja sama melalui komunikasi daring, para siswa bisa memecahkan masalahnya sendiri.

Akan tetapi, walaupun demikian, jika komunikasi daring tersebut tidak terarah, bisa menimbulkan efek atau dampak yang tidak diinginkan.

Sebenarnya, dengan komunikasi daring ini bisa memunculkan perilaku interaktif, sehingga komunikasi yang diberikan oleh pengajar/pendidik tidak hanya 1 arah saja, melainkan 2 arah.

Bahkan, komunikasi daring di dalam dunia pendidikan juga jauh lebih efektif, apabila pengajar berhalangan hadir untuk mengajar, maka sebagai solusi alternatifnya melalui komunikasi daring.

Kesimpulan

Komunikasi daring
Komunikasi daring, via thedailystar.net

Pada hakikatnya, pengertian komunikasi daring yang berhasil dirangkum ialah cara berkomunikasi dalam menyampaikan atau menerima pesan, melalui jaringan internet.

Dengan adanya jaringan internet ini, memudahkan bagi setiap orang berkomunikasi, tanpa harus takut akan keterbatasan waktu dan tempat.

Komunikasi daring sendiri juga sebenarnya dinilai lebih efektif dan efisien, di mana setiap orang sekarang lebih suka “bertutur kata” via media daring.

Walaupun demikian, di dalam melakukan komunikasi daring juga terdapat etika yang harus dipatuhi. Hal ini demi meminimalisir terjadinya miss-communication dan berbagai macam hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *