Pengertian Komunikasi Daring Sinkron

Komunikasi daring merupakan salah satu cara berkomunikasi atau bertukar informasi melalui jaringan internet.

Di era modern seperti ini, komunikasi daring bukanlah suatu hal yang baru. Banyak orang telah mengaplikasikan komunikasi daring.

Komunikasi daring apabila dilihat secara gamblang, memang memberikan banyak manfaat, efisien dan hemat.

Walaupun komunikasi daring berkembang dengan begitu pesat, namun komunikasi tradisional masih akan tetap ada dan terus ada sampai kapanpun.

Mengingat adanya komunikasi daring, memungkinkan terjadi komunikasi 2 arah, meliputi :

  • Komunikasi daring sinkron (synchronous)
  • Komunikasi daring asinkron (asynchronous)

Baca juga :
Jenis Komunikasi Daring

Memahami ada 2 macam komunikasi 2 arah, salah satunya akan dibahas terlebih dahulu pengertian komunikasi daring sinkron.

Pengertian Komunikasi Daring Sinkron

Komunikasi daring sinkron
Komunikasi daring sinkron, via en.unesco.org

Komunikasi daring sinkron (synchronous) adalah komunikasi daring (dalam jaringan) yang memungkinkan komunikasi 2 arah dalam waktu yang bersamaan.

Komunikasi daring sinkron yang terjadi ini dilakukan secara bersamaan antara pengirim dan penerima melalui bantuan dari perangkat lunak (software).

Layanan komunikasi daring sinkron ini memungkinkan pertukaran data atau informasi terjadi dengan cepat, tanpa harus ada jeda waktu untuk saling menunggu satu sama lainnya.

Komunikasi Terjadi secara Real-Time

Real-time
Komunikasi secara real-time, via linkedin.com

Komunikasi daring sinkron memiliki ciri khas atau karakteristik yakni komunikasi yang terjadi secara real-time (waktu nyata).

Sehingga, apabila di dalam suatu ruang obrolan terdapat komentar atau sanggahan, bisa langsung menyanggahnya di waktu itu juga atau sesegera mungkin.

Komunikasi ini memungkinkan pertukaran informasi bisa dilakukan secara bergantian, tanpa harus memulai sebuah komunikasi yang baru.

Contoh Aplikasi Komunikasi Daring Sinkron

Facebook messenger
Facebook messenger, salah satu contoh aplikasi komunikasi daring sinkron, via androidpolice.com

Untuk mendukung terjadinya komunikasi secara real-time, sekarang sudah tersedia begitu banyak aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk saling bertukar informasi.

Berikut ini beberapa contoh dari aplikasi komunikasi daring sinkron.

1. Text Chat

Text chat merupakan sebuah layanan di jaringan internet untuk saling berkomunikasi dan bersosialisasi melalui media tulisan, secara langsung kepada pengguna yang lain.

Beberapa aplikasi text chat yang cukup populer di Indonesia, seperti :

  • Facebook Messenger
  • Google Hangouts
  • KakaoTalk
  • Line
  • Skype
  • Telegram
  • WeChat
  • WhatsApp
  • Yahoo Messenger

2. Video Chat

Video chat merupakan sebuah layanan di jaringan internet untuk saling berkomunikasi dan bersosialisasi melalui media video, secara langsung kepada pengguna yang lain.

Beberapa aplikasi video chat yang cukup populer di Indonesia, seperti :

  • FaceTime
  • Google Duo
  • Google Hangouts
  • Skype

Beberapa aplikasi di atas, mulai dari text chat maupun video chat, biasanya sudah terdapat di berbagai macam platform, baik itu platformmobile ataupun platformdesktop.

Untuk platform mobile, pengguna bisa mengunduh aplikasinya melalui penyedia terpercaya, Google Play Store (Android) dan Apple App Store (iOS).

Sementara itu, untuk platform desktop, pengguna bisa mengunuh aplikasinya melalui penyedia terpercaya, situs web resmi dan Microsoft Store (Windows 10).

Etika dalam Komunikasi Daring Sinkron

Etika
Etika dalam berkomunikasi, via complianceandethics.org

Dalam berkomunikasi daring sinkron, tetaplah memiliki etika atau tata krama, layaknya komunikasi tatap muka yang sesungguhnya.

Etika atau tata krama ini dimaksudkan agar sewaktu melakukan berkomunikasi, agar tidak terjadi kesalahpahaman, yang bisa memicu amarah satu sama lainnya.

Berikut ini beberapa etika atau tata krama dalam komunikasi daring sinkron, meliputi :

  • Fokus terhadap topik pembahasan yang sedang dibicarakan. Saat berkomunikasi, tentu semua orang yang terlibat di dalamnya ingin diperhatikan satu sama lain, sehingga komunikasi yang dilakukan menjadi tepat sasaran dan terarah. Maka dari itu, dalam proses komunikasi, fokuslah hingga komunikasi tersebut benar-benar sampai terhadap tujuannya.
  • Menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Terkadang, saat berkomunikasi, kita tidak tahu lawan bicara kita berasal dari mana. Sebagai salah satu komunikasi yang baik, bisa menggunakan bahasa Indonesia. Apabila berkomunikasi dengan pengguna asing, bisa menggunakan bahasa Inggris.
  • Menggunakan nama asli. Gunakanlah nama asli bukan nama palsu (fake name). Biasanya, tidak sedikit pengguna menggunakan nama-nama yang bukan asli, salah satu yang cukup populer digunakan adalah nama julukan dan lain sebagainya. Nama asli ini dimaksudkan untuk memudahkan lawan bicara, agar lawan bicara tahu dengan siapa ia berbicara atau berkomunikasi.

Baca juga :
Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring Sinkron

Kesimpulan

Komunikasi daring sinkron
Komunikasi daring sinkron

Mengacu pada pembahasan di atas, pengertian komunikasi daring sinkron merupakan suatu bentuk komunikasi di dalam jaringan, yang terjadi secara langsung dan secara real-time (waktu nyata).

Komunikasi daring sinkron ini sebenarnya layaknya komunikasi tatap muka, hanya saja yang membedakan adalah komunikasi daring sinkron terjadi via internet.

Dalam pengaplikasian sehari-hari, komunikasi sinkron memiliki 2 bentuk atau macam :

  • Text chat (komunikasi menggunakan tulisan)
  • Video chat (komunikasi menggunakan video)

Pada intinya, komunikasi daring sinkron ini sangat memudahkan bagi si pengirim ataupun penerima informasi. Karena, informasi yang dikirimkan, tiba saat itu juga dan tanpa harus menunggu lawan bicara terlalu lama untuk menanggapinya.

Komunikasi ini juga memungkinkan terjadinya komunikasi secara terarah dan tepat sasaran.

Baca juga :
Pengertian Komunikasi Daring Asinkron (Asynchronous)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *