Istilah dalam Dunia Perkuliahan

Kamu lulus kelas 12 dari SMA / SMK / MA? Selamat ya!

Setelah lulus dari sekolah menengah, apa yang akan kamu lakukan? Tentunya ada 2 pilihan, kerja atau kuliah.

Selamat lagi dari kami (Habib Edukasi), bagi kamu yang bisa kuliah ya. Masih banyak di luar sana yang ingin kuliah, tapi terkendala biaya.

Jangan sia-siakan kesempatan untuk kuliah. Memang berat harus belajar lagi, tapi siapa yang tidak ingin kuliah?

Mengingat kalian adalah maba (mahasiswa baru) di dunia kuliah atau kampus, kami dengan senang hati memberikan beberapa pelajaran bagi kalian.

Pelajaran tersebut berupa istilah-istilah penting dalam dunia perkuliahan atau kampus. Mari kita simak bersama!

Istilah dalam Perkuliahan

Bangku perkuliahan
Bangku perkuliahan, via undiknas.ac.id

Berikut ini beberapa pemaparan istilah dalam dunia kuliah dengan pengertian dan pembahasannya, sehingga mudah dimengerti bagi semua kalangan.

Lingkungan Kampus

Dosen
Dosen atau tenaga pengajar, via darmajaya.ac.id

1. Rektor

Rektor merupakan seorang pemimpin perguruan tinggi. Rektor juga penanggung jawab tertinggi suatu perguruan tinggi.

Baca selengkapnya :Pengertian Rektor pada Perguruan Tinggi

2. Wakil Rektor (WR)

Wakil Rektor memiliki tugas untuk membantu Rektor dalam memimpim bidang akademik, baik itu pendidikan, penelitian, dan pengabdian terhadap masyarakat.

Biasanya, Wakil Rektor terdiri hingga 4 orang, bisa WR 1, WR 2, WR 3, hingga WR 4.

3. Dekan

Dekan merupakan seorang pejabat yang memimpin suatu fakultas. Dekan menjadi pemimpin akademik tertinggi di fakultasnya.

4. Guru Besar (Profesor)

Guru Besar atau Profesor merupakan jabatan fungsional tertinggi untuk dosen, yang masih mengajar di lingkungan pendidikan tinggi.

Atau dengan kata lain, Guru Besar merupakan sebutan bagi profesor di Indonesia. Biasanya, mereka merupakan sosok yang tergolong senior.

5. Dosen

Dosen merupakan pengajar atau pendidik professional, yang memiliki tugas untuk mentransformasikan, mengembangkan, hingga menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, pendidikan, dan penelitian terhadap mahasiswa, bahkan masyarakat.

Atau dengan kata lain, dosen merupakan tenaga pengajar dalam suatu perguruan tinggi.

6. Dosen Pembimbing (Dosbing)

Dosen pembimbing (dosbing) merupakan dosen yang mendampingi mahasiswa, yang tengah menyelesaikan tugas akhir.

7. Pembimbing Akademik (PA)

Pembimbing Akademik (PA) merupakan dosen yang ditunjuk dan diberi tugas untuk membimbing sekelompok mahasiswa, guna membantu menyelesaikan permasalahan mahasiswa.

Masalah tersebut yang berkaitan dengan penyelesaian studi dengan secepat dan seefisien mungkin, dengan melihat potensi dari masing-masing mahasiswa.

8. Kepala Program Studi (Kaprodi) / Kepala Jurusan (Kajur)

Kepala Program Studi (Kaprodi) atau Kepala Jurusan (Kajur) merupakan jabatan tertinggi di suatu program studi atau jurusan yang ada di kampus.

9. Civitas Akademik

Civitas akademik atau civitas akademika merupakan ruang lingkup yang mencakup pejabat tinggi, dosen, mahasiswa, karyawan, dan lain sebagainya.

Atau dengan kata lain, civitas akademika merupakan ruang lingkup dari suatu perguruan tinggi itu sendiri.

10. Senat

Senat merupakan badan normatif tertinggi di suatu perguruan tinggi dalam bidang akademik yang terdiri atas Rektor, Dekan Fakultas, Guru Besar, dan Wakil Dosen Non Guru Besar yang dipilih melalui pemilihan.

11. Asisten Dosen (Asdos)

Asisten dosen (asdos) merupakan mahasiswa yang dipilih atau ditunjuk untuk membantu dosen dalam mengajar mata kuliah di beberapa kelas.

Biasanya, asisten dosen dianggap hebat, karena hanya mahasiswa yang terpilih saja yang bisa membantu tugas dosen dalam mengajar tersebut.

12. Rektorat

Rektorat merupakan kantor seorang Rektor Perguruan Tinggi.

13. Dekanat

Dekanat merupakan kantor seorang Dekan Fakultas.

14. Fakultas

Fakultas merupakan suatu bagian atau divisi dalam perguruan tinggi, yang terdiri atas suatu area subjek, atau sejumlah bidang studi terkait yang berkesinambungan.

15. Program Studi (Prodi) atau Jurusan

Program studi (prodi) merupakan satuan rencana belajar dalam pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik, atas dasar kurikulum, yang ditujukan agar mahasiswa bisa menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang tepat sesuai dengan sasaran kurikulum.

16. Tata Usaha (TU)

Tata Usaha (TU) merupakan penyelenggara kegiatan administrasi, mencakup urusan tulis-menulis (seperti halnya keuangan, dan lain sebagainya).

Perkuliahan

Ospek
Ospek kampus

17. Kakak Tingkat (Kating)

Kakak tingkat (kating) merupakan mahasiswa yang memiliki jumlah semester lebih tinggi dibandingkan kalian.

18. Mahasiswa Abadi

Mahasiswa abadi merupakan mahasiswa yang kuliahnya lama, bahkan tidak jelas kapan mahasiswa tersebut akan lulus atau wisuda.

Biasanya, mahasiswa abadi digunakan bagi mereka yang sepertinya “betah” di kampus, alias tidak lulus-lulus.

19. Mahasiswa Baru (Maba)

Mahasiswa baru (maba) merupakan siswa/siswi yang baru saja lulus dari SMA/SMK/MA dan melanjutkan sekolahnya di jenjang perguruan tinggi.

20. Mahasiswa Kuda-kuda

Mahasiswa kuda-kuda (kuliah dagang, kuliah dagang) adalah mahasiswa yang senang sekali kuliah sambil berdagang sembari mencari uang.

21. Mahasiswa Kupu-kupu

Mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang, kuliah pulang) adalah mahasiswa yang gemar pulang (baik itu rumah atau kos), setelah jam perkuliahan selesai.

22. Mahasiswa Kura-kura

Mahasiswa kura-kura (kuliah rapat, kuliah rapat) adalah mahasiswa yang gemar rapat, biasanya merupakan anak organisasi di kampusnya.

23. Malam Keakraban (Makrab)

Malam keakraban (makrab) merupakan suatu acara yang diselenggarakan untuk mempererat tali persaudaraan antara mahasiswa baru (maba) dengan kakak tingkat.

Biasanya, kegiatan ini diselenggarakan sebelum mahasiswa baru melakukan studi di semester 1.

24. Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek)

Orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) merupakan kegiatan awal untuk setiap peserta didik (mahasiswa baru) yang menempuh jenjang pendidikan di perguruan tinggi.

Ospek menjadi rangkaian acara guna membentuk watak, sekaligus juga membantu mahasiswa baru untuk mengenali lingkungan kampus dan sekitarnya.

25. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)

Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) adalah sumbangan yang berupa dana (uang), guna pembinaan pendidikan suatu instansi pendidikan.

26. Titip Absen

Titip absen merupakan kebiasaan buruk mahasiwa (tidak untuk ditiru), di mana mahasiswa yang tak berangkat, titip tanda tangan kepada temannya dalam daftar hadir, agar dikira hadir oleh dosen.

Biasanya, mahasiswa yang melakukan titip absen merupakan mahasiswa yang malas untuk mengikuti mata kuliah tertentu, yang tidak begitu disukai.

27. Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap mahasiswa untuk setiap semesternya, yang sudah disubsidi oleh pemerintah.

28. Seminar

Acara seminar biasanya sengaja diselenggarakan sebagai bentuk pengajaran akademis, di mana pengajaran tersebut mengangkat 1 topik tertentu.

Seminar bisa diadakan oleh perguruan tinggi, maupun organisasi-organisasi di perguruan tinggi tersebut, guna memberi wawasan kepada mahasiswa, bahkan masyarakat umum.

29. Workshop

Acara workshop adalah kegiatan yang dilakukan di mana orang-orang yang memiliki keahlian di bidang tertentu untuk berkumpul, guna membahas masalah tertentu dan saling mengajari satu sama lain.

Atau dengan kata lain, workshop ini gabungan antara teori dan praktik, yang dilakukan secara langsung.

30. Kuliah Umum

Kuliah umum adalah penyampaian suatu materi yang bisa dihadiri oleh banyak mahasiswa dari berbagai jurusan atau program studi.

31. Gelar Akademik

Gelar akademik atau gelar akademis merupakan gelar yang diberikan kepada lulusan perguruan tinggi di bidang studi tertentu.

32. Indeks Prestasi Semester (IPS)

Indeks Prestasi Semester (IPS) adalah penghitungan IP pada semua mata kuliah untuk setiap semester.

33. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah penghitungan IP terhadap semua mata kuliah yang telah diambil, dari semester pertama, hingga semester paling akhir yang sudah ditempuh.

34. Kartu Hasil Studi (KHS)

Kartu Hasil Studi (KHS) merupakan rapor penilaian kegiatan perkuliahan di setiap semester.

Atau dengan kata lain, KHS ini mirip dengan rapor penilaian sewaktu sekolah. Hanya saja, tidak berbentuk buku, hanya lembaran kertas saja.

35. Kartu Rencana Studi (KRS)

Kartu Rencana Studi (KRS) adalah lembaran kertas yang menyimpan informasi mengenai mata kuliah, hingga beban SKS yang akan kamu ambil di semester selanjutnya.

36. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) merupakan kartu identitas bagi setiap mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa di suatu perguruan tinggi.

Biasanya, KTM dalam beberapa kasus di perguruan tinggi harus dibawa pada saat mengikuti ujian, baik itu UTS, ataupun UAS.

Bentuk dari KTM ini sebenarnya mirip-mirip dengan KTP maupun SIM.

37. Kelas Internasional

Kelas internasional merupakan suatu program kuliah di perguruan tinggi Indonesia, yang bekerja sama dengan perguruan tinggi asing.

38. Nomor Induk Mahasiswa (NIM)

Nomor Induk Mahasiswa (NIM) adalah nomor induk sebagai identitas suatu mahasiswa yang terdaftar pada perguruan tinggi.

Jangan pernah lupakan NIM, biasanya banyak dosen yang sering menanyakan NIM, dibandingkan dengan nama mahasiswa itu sendiri.

39. Satuan Kredit Semester (SKS)

Satuan Kredit Semester (SKS) merupakan satuan beban studi setiap mata kuliah yang akan diambil nantinya. Biasanya, beban SKS per mata kuliah adalah 2 SKS, 3 SKS, atau bahkan hanya 1 SKS.

SKS itu ibaratkan jam pelajaran. Biasanya, 1 SKS adalah 50 menit, maka 2 SKS adalah 100 menit, 3 SKS adalah 150 menit, dan lain sebagainya.

Untuk setiap semester, biasanya mahasiswa hanya diperbolehkan untuk mengikuti total 20 SKS saja.

Akan tetapi, apabila di semester sebelumnya kamu berhasil meraih IPS tinggi (contohnya 3,5), biasanya diberi keuntungan bisa mengambil lebih dari 20 SKS (maksimal 24 SKS) di semester selanjutnya.

40. Presentasi

Presentasi merupakan suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak orang (mahasiswa dan dosen), sebagai salah satu bentuk komunikasi dalam bidang pengajaran.

Jangan kaget, karena nantinya di perkuliahan, banyak tugas yang mengharuskan kalian untuk menyajikan presentasi dalam bentuk powerpoint.

41. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan suatu wadah yang dibentuk Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Teknologi Indonesia, untuk memfasiltasi potensi yang dimiliki mahasiswa, dalam mengkaji, hingga mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dipelajari di kampus, terhadap masyarakat luas.

Biasanya, apabila berhasil lolos proposal PKM tersebut, mahasiswa akan diberikan dana atau uang dari pemerintah.

42. Remedial

Remedial merupakan kegiatan perbaikan yang berhubungan dengan perkuliahan, yang belum memenuhi kompetensi minimal dari setiap mata kuliah.

43. Semester

Semester adalah kegiatan perkuliahan yang dilangsungkan selama 6 bulan.

Jadi, dalam perkuliahan, tidak ada kelas, “kamu kelas berapa?“, melainkan diganti menjadi semester, “kamu semester berapa?“.

44. Semester Antara / Semester Pendek

Semester antara atau semester pendek merupakan kegiatan perkuliahan singkat yang diadakan antara semester genap dan semester ganjil.

Biasanya, semester antara ini dilangsungkan selama 4 minggu, yang bertujuan untuk remedial semester genap, yang nilainya kurang memuaskan.

Misalnya, di semester genap untuk mata kuliah Algoritma Pemrograman mendapat nilai D, maka kamu bisa mengulang di semester antara untuk memperbaiki nilai tersebut.

45. Semester Ganjil

Semester ganjil adalah perkuliahan yang dilangsungkan pada semester 1, 3, 5, 7 dan seterusnya dalam suatu tahun ajaran. Biasanya dimulai dari bulan Agustus atau September.

46. Semester Genap

Semester genap adalah perkuliahan yang dilangsungkan pada semester 2, 4, 6, 8, dan seterusnya dalam suatu tahun ajaran. Biasanya dimulai dari bulan Januari atau Februari.

47. Sistem Informasi Akademik (SIA)

Sistem Informasi Akademik (SIA) adalah suatu sistem yang dibangun untuk memberikan banyak informasi kepada mahasiswa terkait kegiatan administrasi, hingga perkuliahan.

48. Ujian Tengah Semester (UTS)

Ujian Tengah Semester (UTS) adalah kegiatan akademik yang wajib dilakukan oleh mahasiswa guna mengukur kemampuan selama setengah semester.

Jika dalam 1 semester terdapat 14 minggu perkuliahan, biasanya UTS dilaksanakan pada minggu ke-7.

49. Ujian Akhir Semester

Ujian Akhir Semester (UAS) adalah kegiatan akademik yang wajib dilakukan oleh mahasiswa guna mengukur kemampuan selama 1 semester.

Jika dalam 1 semester terdapat 14 minggu perkuliahan, biasanya UAS dilaksanakan pada minggu ke-14.

50. Makalah

Makalah merupakan suatu karya, dengan memiliki sifat ilmiah, di dalamnya berisikan pembahasan tentang suatu topik atau bahasan tertentu.

Makalah memiliki aturan-aturan penulisan yang harus diikuti, serta dilandasi oleh teori atau bahkan penelitian yang terjadi di lapangan.

Mulai sekarang, belajar cara membuat makalah, karena di setiap kegiatan perkuliahan, pasti ada saja tugas untuk membuat makalah.

51. Karya Ilmiah

Karya ilmiah merupakan laporan tertulis, di mana di dalamnya memaparkan hasil dari penelitian yang telah dikaji, guna mengeluarkan hasil yang spesifik terhadap suatu kasus tertentu.

52. Cuti Kuliah

Cuti kuliah atau cuti akademik merupakan mahasiswa yang tidak mengiktui kegiatan akademik, paling tidak selama 1 semester.

Biasanya, cuti kuliah diambil untuk mengikuti berbagai kegiatan seperti volunteer (relawan), magang, kerja, double degree (2 jurusan), atau bahkan melangsungkan hubungan pernikahan.

53. Jurnal

Jurnal merupakan suatu tulisan khusus yang memuat artikel suatu bidang ilmu tertentu, yang ditulis oleh seseorang yang berkompeten di bidangnya.

54. Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, dengan berbagai pendekatan, berdasar waktu dan daerah tertentu.

Biasanya, KKN ini berlangsung selama 1 bulan, dengan terdiri atas banyak kelompok.

55. Masa Studi

Lama masa studi merupakan kegiatan perkuliahan yang harus ditempuh oleh mahasiswa, sesuai dengan rentang waktu yang telah disyaratkan.

56. Mata Kuliah

Mata kuliah merupakan suatu kegiatan perkuliahan terhadap 1 bidang atau topik tertentu. Biasanya, 1 mata kuliah memiliki 2 atau 3 SKS.

Atau dengan kata lain, mata kuliah ini sama dengan mata pelajaran.

57. Peminatan atau Konsentrasi

Peminatan merupakan keputusan yang diambil oleh mahasiswa guna memilih kelompok mata kuliah, sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan, selama mengikuti kegiatan perkuliahan.

Biasanya, peminatan ini baru bisa diambil di semester atas, paling tidak semester 5, agar mahasiswa bisa menggali bakatnya terlebih dahulu.

Misal, dalam jurusan Informatika, memiliki beberapa peminatan, seperti :

  • Design
  • Programming
  • Multimedia
  • Networking

Misal juga, dalam jurusan Manajemen, memiliki beberapa peminatan, seperti :

  • Financial Management
  • Human Resource Management
  • Marketing Management

58. Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan bentuk implementasi dari program pendidikan di perkuliahan dengan DU/DI (dunia usaha atau dunia industri), dengan terjun langsung guna meningkatkan keahlian tertentu.

59. Skripsi

Skripsi merupakan karya tulis ilmiah berupa pemaparan tulisan hasil penelitian, guna memperoleh gelar Sarjana (S1).

60. Tesis

Tesis merupakan pengajuan proposisi teoritis, yang harus dibuktikan melalui penelitian ilmiah tingkat lanjut, guna memperoleh gelar Magister (S2).

61. Disertasi

Disertasi merupakan pengembangan lebih lanjut dari tesis, dengan dibuktikan melalui penelitian ilmiah jauh lebih mendalam, lebih dari sekadar teori, guna memperoleh gelar Doktor (S3).

62. Transkrip Nilai

Transkrip nilai merupakan hasil rekap nilai mahasiswa terhadap keseluruhan mata kuliah yang sudah ditempuh.

63. Ujian Pendadaran

Ujian pendadaran atau sidang skripsi merupakan perjuangan akhir untuk mahasiswa dalam mendapatkan suatu gelar.

64. Mahasiswa Berprestasi (Mawapres)

Mahasiswa berprestasi (mawapres) merupakan mahasiswa yang berprestasi, baik itu dalam akademik maupun non-akademik.

65. Wisuda

Wisuda merupakan suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang berhasil menempuh masa belajar di suatu perguruan tinggi.

66. Cum Laude

Cum Laude merupakan predikat yang diberikan terhadap wisudawan atau wisudawati yang lulus dengan predikat “dengan kehormatan” atau “dengan pujian”.

67. Diploma

Diploma atau pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi program diploma yang menyiapkan mahasiswa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keahlian tertentu, hingga program sarjana terapan.

68. Sarjana

Sarjana adalah program pendidikan sarjana yang diarahkan terhadap penguasaan dan pengembangan cabang ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mahasiswa mampu melakukan penalaran secara ilmiah.

69. Pascasarjana

Pascasarjana merupakan program pendidikan lanjutan yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan program pendidikan awal atau pendidikan sarjana.

70. Tracer Study

Tracer study merupakan penelitian mengenai situasi atau kondisi alumni, berkaitan dengan hal pencarian kerja, hingga pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah.

Organisasi

BEM SI
BEM SI (Badan Ekekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia), via mediaharapan.com

71. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan organisasi yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat pendidikan tinggi.

Dalam sebuah lembaga eksekutif, BEM memiliki ketua yang dinamakan dengan Presiden BEM atau Presiden Mahasiswa (tingkat perguruan tinggi), dan Gubernur BEM (tingkat fakultas).

72. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan wadah aktivitas atau kegiatan kemahasiswaan di luar kelas, guna mengembangkan bakat, minat, dan keahlian tertentu.

73. Himpunan Mahasiswa (HIMA) / Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) atau Himpunan Mahasiswa (HIMA) merupakan organisasi di tingkat jurusan atau program studi.

74. Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA)

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) merupakan organisasi kelanjutan dan perpaduan antara Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) dengan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa).

Lain-lain

Kemenristekdikti
Kemenristekdikti, via infopublik.id

75. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan badan akreditasi yang mendapat wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI), dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi.

76. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI)

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI), merupakan kementerian dalam Pemerintahan Indonesia, yang menyelenggarakan berbagai urusan di bidang riset, teknologi, dan pendidikan tinggi.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *