Dekrit atau Dekret

Kata baku dekrit atau dekret? Manakah penulisan yang tepat, sesuai dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)?

Sedangkan itu, bagaimana penulisan yang baik dan benar itu? Apakah dekrit atau dekret?

Daripada harus bingung dan berpikir lama-lama, mari kita cari tahu jawaban secara lebih rinci mengenai “dekrit atau dekret“, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dengan disertai oleh contoh penjelasannya.

Maka dari itu, di lain waktu kita takkan lagi salah kaprah dalam mengeja atau menuliskannya ulang.

Dekrit atau Dekret?

Dekrit atau Dekret?

Menurut dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata baku yang tepat dan sesuai ialah dekret, bukan dekrit.

Mungkin, selama ini, kita sering salah untuk mengucap atau menuliskan kata itu. Padahal, seharusnya yang tepat ialah dekret, namun kita malah menuliskannya dengan dekrit.

Pengertian Dekret

Dekret Menurut KBBI

Dekret menurut KBBI ialah keputusan (ketetapan) atau perintah yang dikeluarkan oleh kepala negara, pengadilan, dan sebagainya.

Selain itu, terdapat beberapa macam kata yang berkaitan dengan dekret, seperti :

  • Mendekretkan, yang berarti :
    • Mengeluarkan dekret
    • Memutuskan
    • Menetapkan

Dekret secara Umum

Secara umum, dekret ialah perintah yang dikeluarkan oleh kepala negara ataupun pemerintahan dan mempunyai kekuatan hukum.

Banyak konstitusi yang memungkinkan mengeluarkan dekret dalam masalah tertentu, seperti pada pernyataan dalam keadaan yang darurat.

Hingga saat ini, dekret menjadi daya dorong dalam debat kontroversi ekstrem. Pada beberapa yurisdiksi, jenis perintah pengadilan tertentu oleh hakim juga bisa dikatakan sebagai dekret.

Dekret yang paling dikenal oleh Bangsa Indonesia adalah Dekret Presiden 5 Juli 1959 yang telah dikeluarkan oleh Presiden Republik Indonesia ke-1, Ir. Soekarno.

Mengapa Bukan Dekrit?

Karena, dekret ialah kata dari Bahasa Latin, decernere.

Decernere memiliki arti mengakhiri, memutuskan, atau memutuhkan. Dekret juga biasa disebut sebagai titah.

Biasanya, banyak orang yang menulis atau mengatakan dekrit, karena memang sulit untuk dibedakan dalam pengucapannya. Padahal, hal itu ialah kejadian yang salah.

Contoh Penulisan Dekret

Berikut ini, sebanyak 13 contoh kalimat mengenai dekret, sehingga pemahaman mengenai dekret bisa jauh lebih luas lagi.

  1. Dekret Presiden 5 Juli 1959 ialah dekret yang dikeluarkan oleh Ir. Soekarno, sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama, pada tanggal 5 Juli 1959.
  2. Adanya Dekret Presiden 5 Juli 1959 dilatarbelakangi oleh adanya kegagalan dari Badan Konstituante dalam menetapkan UUD baru sebagai pengganti dari UUDS 1950.
  3. Saat hari masih gelap, Gus Dur mengeluarkan dekret yang malah membuat dirinya terguling dari kursi Presiden Republik Indonesia ke-4.
  4. Megawati Soekarnoputri tidak sependapat dengan pemberlakuan dekret yang dilakukan oleh Gus Dur.
  5. Presiden Brasil merevisi dekret, masyarakat sipil sekarang dilarang untuk membeli ataupun membawa senjata jenis serbu di jalanan kota Brasil.
  6. Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn telah mengeluarkan dekret kerajaan yang mendukung pelaksanaan pemilu (pemilihan umum).
  7. Setelah Dekret Presiden 5 Juli 1959, kekuasaan pemerintah berada di tangan Presiden.
  8. Setelah Dekret Presiden 5 Juli 1959 diberlakukan, keterlibatan dari militer dan wakil-wakilnya dalam politik meluas dengan cepat.
  9. Dekret yang dikeluarkan Presiden Brasil, melarang adanya pembukaan lahan dengan cara dibakar selama 2 bulan.
  10. Raja Salman mengeluarkan dekret mengenai penghapusan visa progresif.
  11. Dekret yang dikeluarkan oleh Raja Salman merupakan bagian dari kemurahan hatinya, dalam memfasilitasi kedatangan muslim untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah.
  12. Tidak hanya itu, dekret yang dikeluarkan Raja Salman juga bagian dari upaya reformasi Visi Saudi 2030, yakni menerima sebanyak 30 juta jemaah umrah per tahun.
  13. Setelah kegagalan kudeta, Erdogan merilis sebanyak 15 dekret, dengan beberapa diantaranya mengekang kebebasan berinternet warga Turki.

Tulis Komentar

Sisipkan email aktif Anda, agar Anda mendapatkan notifikasi saat menerima balasan dari kami :)