Pengertian Absurd

  • Penggunaan kata absurd sekarang banyak digunakan oleh para milenial
  • Kata absurd ini menggambarkan mengenai sesuatu yang aneh atau bahkan yang tidak jelas

Pernahkah kalian mendengar kata absurd? Jika pernah, apakah kalian tahu arti atau makna dari kata tersebut?

Jika belum tahu, di artikel ini akan dibantu untuk memahami makna dan pengertian absurd.

Semakin berkembangnya zaman dan semakin majunya teknologi, maka kata-kata baru bermunculan dan masuk ke dalam bahasa atau kamus gaul.

Seringkali terjadi miss-communication dalam percakapan sehari-hari, inilah awal-mula dari kata absurd yang sebenarnya.

Tanpa harus basa-basi lagi, mari kita bahas lebih lanjut secara mendalam tentang pengertian absurd.

Pengertian Absurd

Absurd
Absurd

Absurd adalah salah satu kata yang digunakan untuk hal-hal yang mustahil dan tidak masuk akal.

Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman, definisi absurd jauh lebih luas lagi, mencakup :

  • Aneh
  • Geli
  • Nggak jelas
  • dan lain sebagainya

Jadi, bisa dikatakan jika absurd adalah suatu perkataan mengenai hal-hal yang berbau aneh, mustahil, tidak jelas, dan lain sebagainya.

Contoh dan Artinya

Contoh absurd
Contoh absurd

1. “Ih, Filmnya kok absurd banget sih?”

Setelah menonton film di bioskop, tidak sedikit orang yang menggunakan kata absurd untuk me-review film yang telah ditonton tadi.

Makna absurd di sini adalah bisa berarti jika film yang telah ditonton tersebut aneh dan tidak jelas.

Sudah ngebet ingin menonton film tersebut, eh tak disangka ternyata film yang ditonton malah benar-benar absurd.

Maksudnya? Film tersebut tidak jelas bagaimana alur ceritanya, tiba-tiba saja malah sudah selesai. Apalagi jika ceritanya ngambang, tambah absurd deh!

2. “Itu orang absurd banget!”

Biasanya, perkataan ini muncul saat melihat seseorang yang sedang pentas di depan panggung, cari perhatian, dan lain sebagainya.

Makna absurd di sini bisa dikatakan sebagai garing atau nggak jelas, sehingga membuat audience atau penonton menjadi kecewa akan penampilannya.

Atau, bisa dikatakan penampilan yang ditunjukkan itu biasa-biasa saja, tidak memberikan kesan yang baik bagi para penonton.

Bisa jadi, ada orang yang tiba-tiba datang dan absurd (nggak jelas) mau ngapain dan tujuannya apa. Sangat aneh dan membingungkan.

3. “Kamu tuh absurd banget sih!”

Hal ini biasanya terjadi dalam percakapan, biasanya ada seseorang yang terjadi miss-communication di dalamnya.

Atau memang, ada yang benar-benar gagal paham terhadap hal apa yang sedang dibicarakan bersama dengan teman.

Makna absurd di sini bisa berarti yang tadinya sedang membahas hal A, tiba-tiba ada yang menjawabnya dengan hal B. Sungguh tidak masuk akal bukan?

Ibaratnya, sedang membahas soal makanan, tiba-tiba ada teman yang membahas soal minuman. Sungguh absurd bukan?

Tujuan Penggunaan

Tujuan penggunaan kata absurd
Tujuan penggunaan kata absurd

Di dalam perkembangannya dalam berkomunikasi atau bertutur kata satu sama lain, jika bermunculan banyak bahasa gaul, memang cukup wajar.

Dengan menggunakan kata absurd, diharapkan bisa lebih mempermudah dan bisa lebih mengekspresikan diri bagi setiap orang.

Dengan kata-kata seperti itu, biasanya lebih mudah untuk diungkapkan, ketimbang harus menggunakan kata-kata lain yang membuat seseorang tersebut berpikir terlebih dahulu sebelum berkata atau berkomentar.

Pada intinya, absurd itu bisa digunakan untuk mengatakan sesuatu hal yang aneh, menggelikan, tidak jelas, dan lain sebagainya.

Contoh Percakapan

Contoh percakapan absurd
Contoh percakapan absurd

Apabila masih belum jelas juga, berikut ini akan dipaparkan contoh percakapan absurd, sehingga bisa memperjelas arti dan makna absurd yang sebenar-benarnya.

1. Pembahasan yang Tidak Jelas

Abu : “Ingin deh, punya rumah sendiri.”
Budi : “Bagus tuh.”
Abu : “Iya. Di dalamnya ada binatang peliharaan, seperti kucing, marmut, kelinci, kura-kura, love bird, dan kawan-kawannya.”
Budi : “Ih apaan sih, absurd banget! Itu rumah apa kebun binatang?”

2. Pembahasan yang Mustahil atau Tidak Masuk Akal

Candra : “Andai saja…”
Dewi : “Andai apa?”
Candra : “Mobil bisa terbang. Nanti nggak perlu macet-macetan seperti ini.”
Dewi : “Apaan sih? Absurd banget deh!”
Candra : “Panas tau! Belum lagi tiap detik berhenti-berhenti mulu, kapan sampainya?”

3. Mengungkapkan Hal yang Menggelikan

Edo : “Kemarin aku beli bakso di situ tuh.”
Fajri : “Terus?”
Edo : “Masa di kuah baksonya…”
Fajri : “Ah kelamaan.”
Edo : “Ada lalatnya, gede lagi. Ih jijik!”
Fajri : “Ih, absurd banget deh. Ganti topik!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *